OBJEK
Apa itu Objek di Javascript dan Bagimana cara Membuatnya?
Objek sebenarnya adalah sebuah variabel yang menyimpan nilai (properti) dan fungsi (method).
Contoh objek mobil:
Bagaimana cara kita memodelkan mobil ini di dalam kode program?
Bisa saja seperti ini:
var car = "Mobil Fiat";
Tapi variabel car hanya akan menyimpan nama mobil saja. Karena itu, kita harus menggunakan objek.
Objek pada javascript, dapat dibuat dengan tanda kurung kurawal dengan isi berupa key dan value.
Contoh:
atau
var car = {
type:"Fiat",
model:"500",
color:"white"
};
Apa Perbedaan Properti dan Method?
Pada contoh di atas, kita beru hanya membuat properti saja.
Properti adalah ciri khas dari objek (variabel). Sedangkan method adalah perilaku dari objek (fungsi).
Lalu bagaimana cara membuat metohd di dalam objek?
Method dapat dibuat dengan cara mengisi nilai (value) dengan sebuah fungsi.
Contoh:
var car = {
// properti
type: "Fiat",
model: "500",
color: "white",
// method
start: function(){
console.log("ini method start");
},
drive: function(){
console.log("ini method drive");
},
brake: function(){
console.log("ini method brake");
},
stop: function(){
console.log("ini method stop");
}
};
Cara Mengakses Properti dan Method Objek
Bagaimana cara mengakses properti dan method dari objek?
Caranya menggunakan tanda titik atau dot (.), lalu diikuti dengan nama properti atau method.
Contoh:
console.log(car.type);
console.log(car.color);
car.start();
car.drive();
Untuk mengakses properti, kita cukup gunakan nama objek.properti. Sedangkan untuk method, kita harus menggunakan tanda kurung. Ini menyatakan kalau kita ingin mengeksekusi fungsi.
Menggunakan Keyword this
Kata kunci this digunakan untuk mengakses properti dan method dari dalam method (objek).
Contoh:
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
<meta charset="UTF-8">
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
<meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
<title>Belajar Objek Javascript</title>
<script>
var person = {
firstName: "Muhar",
lastName: "Dian",
showName: function(){
alert(`Nama: ${this.firstName} ${this.lastName}`);
}
};
person.showName();
</script>
</head>
<body>
Output :
Membuat Class Objek dengan this
Pada pemrograman berorientasikan objek, kita biasanya membuat objek dengan membuat instance dari class.
Akan tetapi pada contoh-contoh di atas, kita membuat objeknya secara langsung.
Lalu bagaimana kalau kita inign membuat objek yang lain dengan properti yang sama.
Bisa saja dibuat dua seperti ini:
var person = {
firstName: "Muhar",
lastName: "Dian",
showName: function(){
alert(`Nama: ${this.firstName} ${this.lastName}`);
}
};
var person2 = {
firstName: "Petani",
lastName: "Kode",
showName: function(){
alert(`Nama: ${this.firstName} ${this.lastName}`);
}
};
Ini tentu tidak efektif, jika kita ingin membuat banyak objek. Karena kita harus menulis ulang kode yang sama.
Solusinya kita bisa gunakan class.
Oh iya, saya ingin kasih tahu:
Pada Javascript versi ES5, class belum ada. Fitur ini baru ditambahkan pada Javascript versi ES6.
Pada ES5, kita bisa membuat class dengan fungsi. Lalu di dalamnya menggunakan kata kunci this.
Contoh:
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
<meta charset="UTF-8">
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
<meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
<title>Belajar Objek Javascript</title>
<script>
function Person(firstName, lastName){
// properti
this.firstName = firstName;
this.lastName = lastName;
// method
this.fullName = function(){
return `${this.firstName} ${this.lastName}`
}
this.showName = function(){
document.write(this.fullName());
}
}
var person1 = new Person("Muhar", "Dian");
var person2 = new Person("Petani", "Kode");
person1.showName();
document.write("<br>");
person2.showName();
</script>
</head>
<body>
Output:
OBJECT MATH
Mengenal Objek Math
Objek Math adalah objek yang berisi fungsi-fungsi matematika dan beberapa konstanta untuk melakukan perhitungan matematika seperti sin, cos, tan, eksponen, akar kuadrat, dll.Ini adalah fungsi-fungsi yang umum digunakan dalam perhitungan matematis.
Baiklah…
Mari kita bahas lebih dalam lagi untuk tiap-tiap fungsi tersebut.
Pertama kita mulai dari:
Fungsi Trigonometri di Javascript
Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang sudut dan panjang pada segitiga.1Dalam dunia komputer, ilmu ini biasanya diimplementasikan dalam komputer grafis.
Kamu mungkin pernah membaca tutorial pembuatan game dengan Python.
Di sana kita menggunakan trigonometri untuk traking pergerakan pointer.

Nah, di objek Math terdapat fungsi-fungsi untuk menghitung trigonometri.
Misalkan kita ingin menghitung nilai sin dari 10, maka pada program kita bisa tulis seperti ini:
var n = Math.sin(10);
Variabel n akan berisi -0.5440211108893698 karena sin 10 adalah 0.5.
Kamu bisa mencobanya sendiri melalui console Javascript:

Fungsi Logaritma, Pangkat, dan Eksponensial di Javascript
Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan (atau invers) dari eksponen atau pemangkatan. 2Objek Math di Javascript juga menyediakan fungsi log() untuk logaritma dan pow() untuk pemangkatan.
Mari kita coba di console:

Kemudian untuk menghitung eksponensial, kita dapat menggunakan fungsi exp().
Contoh:

Fungsi Pembulatan di Javascript
Apabila kita membutuhkan bilangan bulat (integer), kita bisa gungakan fungsi pembulatang di objek Math.Ada beberapa fungsi yang sering digunakan:
floor() membulatkan ke bawah;
round() membulatkan ke yang terdekat, bisa ke bawah dan ke atas;
ceil() membulatkan ke atas.
Contoh:

Fungsi Akar di Javascript
Nah, kalau fungsi akar kuadrat…Kita bisa menghitungnya dengan fungsi sqrt().
Contoh:

Lalu untuk akar kubik gimana?
Gampang…
Kita bisa gunakan fungsi cbrt().
Contoh:

Nah untuk akar n atau nth root, kita bisa akali dengan menggunakan fungsi pow().
Contoh:
Math.pow(n, 1/root);
n adalah nilai yang akan kita cari, lalu root adalah akar n-nya.

Fungsi Random dan Mutlak di Javascript
Fungsi random adalah fungsi yang mengahilkan nilai acak antara 0.0 sampai 1.0.Contoh:

Jika ingin membuat nilai acak dari rentang nilai tertentu, maka kita bisa menggunakan bantuan fungsi floor() untuk membulatkan lalu dikali dengan nilai min dan max.
Rumusnya akan seperti ini:
Math.floor(Math.random() * (max - min) ) + min;
Ini bisa kita bungkus dalam fungsi seperti ini:
function getRndInteger(min, max) {
return Math.floor(Math.random() * (max - min) ) + min;
}
Hasilnya

Berikutnya kita bahas tentan fungsi mutlak.
Fungsi mutlak adalah fungsi yang menghasilkan nilai mutlak atau absolute.
Contoh:
var x = Math.abs(-2)
Variabel x akan bernilai 2, karena fungsi abs() akan selalu memberikan nilai mutlak atau positif.
Fungsi Minimum dan Maksimum di Javascript
Fungsi minimum dan maksimum adalah fungsi untuk menentukan nilai paling kecil dan paling besar pada sekumpulan nilai.
Fungsi ini bisa kita berikan input berupa urutan bilangan.
Apabila kita ingin memberikan input array, maka array tersebut harus kita pecah isinya.
Contoh:

Perhatikan operator ..., ini adalah operator yang ditambahkan pada ES2015 yang berfungsi untuk memecah isi array dan string.
Konstanta di Objek Math
Selain menyediakan fungsi-fungsi matematika, objek Math juga menyediakan konstanta seperti PI, E, LN10, dll. yang bisa kita manfaatkan untuk perhitungan rumus tertentu
Math.E // returns Euler's number
Math.PI // returns PI
Math.SQRT2 // returns the square root of 2
Math.SQRT1_2 // returns the square root of 1/2
Math.LN2 // returns the natural logarithm of 2
Math.LN10 // returns the natural logarithm of 10
Math.LOG2E // returns base 2 logarithm of E
Math.LOG10E // returns base 10 logarithm of E
Komentar
Posting Komentar